Selasa, 24 Mei 2011

Cara Memancing Ikan Bawal

Lagi ingin mancing dipemancingan, kali ini saya fokus mau memancing ikan bawal, karena setahu saya dagingnya gurih tapi tulangnya banyak lho.
Tempat Pemancingan yang dituju di Pemnacingan Widuri Yang berada di daerah Gunung Tembak , Kalimantan Timur. Yang belum pernah kesana silakan berkunjung  sendiri,sekalian berwisata, fasilitasnya lengkap.

Berikut adalah tips dan trik dari berbagai sumber  saya kumpulkan.

Membuat Rangkaian Untuk Ikan Bawal:
Bahan :
1. Nilon / Seling / Senar /Nikelin: Nikelin atau kawat yang tersedia di semua toko pancing, digunakan untuk mancing ikan bergigi tajam.
















2. Pancing / Mata Kail














mata kail gunakan mata kail merek GAMAKATSU ukuran 4/5

3. Kili-kili ( Swivel)


 





4. Timah (pemberat) : sebesar biji jagung







 Cara Merangkai :












setelah proses a s/d f selesai, pasang mata kail ( Pancing ) pada kedua ujung senar.

Ingat ! timah pemberat jangan sampai tertahan jadi artinya kenur harus dapat meluncur mulus melalui lubang pada timah pemberatnya (alat seperti ini biasa disebut bemper). Hati-hati bila timah pemberat yang dipakai ukurannya agak besar, apabila sedang mengajar ikan tiba-tiba ikan berontak dan ikan dapat meloloskan diri maka jepretan timah pemberat dan rangkaian pancing akan meluncur deras ke arah anda.

RANGKAIAN BERPELAMPUNG
Rangkaian berpelampung merupakan rangkaian umum yang banyak dipakai pemancing, karena isyarat deteksi mudah dibaca. Pemasangan pelampung cukup mudah bila digunakan peniti khusus pelampung dan karet pembatas khusus (stopper) yang membuat rangkaian tadi menjadi praktis di joran anda. Rangkaian berpelampung ini sangat cocok diterapkan pada air yang tenang atau berangin sedang dengan kedalaman maksimal 2 meter. Ukuran kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tidak terlalu panjang yang dapat membuat ikan luput dikenai saat joran dihentak, jangan pula terlalu pendek sehingga pelampung tenggelam atau umpan mengambang.

RANGKAIAN GLOSOR
Keuntungan dari rangkaian ini antara lain yaitu dapat dilontarkan lebih jauh lagi ke tengah, mudah mendeteksi umpan yang disambar ikan sebelum umpan tersebut mencapai dasar, jarang membuat kenur anda dengan kenur pemancing lain saling mengikat (kusut) dan anda tak perlu memicingkan mata karena melihat pelampung yang jauh namun cukup melihat tempat masuknya kenur ke dalam air atau merasakan umpan yang termakan dengan sentuhan jari anda bahkan terkadang mata kail akan tertancap sendiri tanpa perlu anda menggentak lagi.
Umpan untuk ikan bawal
Ikan bawal tergolong rakus dan tidak pilih-pilih makanan, pemakan segala (omnivora). Apapun yang ada di dekat dia pasti disambar. Artinya makanannya gampang.
Berikut Umpan yg saya pilih dari berbagai sumber, umpannya mudah dibuat & murah meriah tapi cepat dapatnya saya udah mencoba sendiri dalam waktu kurang lebih 1 jam saya dapat 14 ekor  (4 Kg)

Tips 1 
Pake tempe di ulek, kuning telor be2k 1 su2 dancow 1 sachet,1 pisang, aduk jdi satu,tmbh sdikit margarin biar ga lengket, tambah tepung kanji biar tidak terlalu lembek

Tips 2
BAHAN :
1. NASI secukupnya
2. SANTAN Kelapa / Kara siap saji
3. Panily bungkusan 4bungkus
CARANYA :
Santan di panas kan dengan api kecil hingga matang/harum, lalu masukan Panily 4bungkus, setelah itu nasinya di masukan lalu ditekan-tekan dengan centong/benda lain agar nasi lembek (jangan terlalu lembek & jangan terlalu keras)







SEMOGA BERMANFAAT


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar